Makanan Khas Banyuwangi Rekomendasi Explorebwi

Ketika berkunjung ke banyuwangi jangan sampai kalian nggak nyobain makanan kuliner khas banyuwangi, karena kalo kalian traveling / berwisata kebanyuwangi trus ngga nyobain kuliner khasnya, fix ada yang kurang tuh, ngga lengkap eksplorasi kalian ke banyuwangi … hehehe canda sih, jadi mimin saranin kalian buat sempet-sempetin nguliner dulu lah di banyuwangi.

tenang nggausah bingung, buat kalian yang ngga tau apa sih makanan khas banyuwangi, trus bertanya-tanya “makanan khas banyuwangi apa sih? “, ok mimin bakalan ngasih list kuliner khas banyuwangi yang rekomended nih buat kalian cobain pas mampir ke banyuwangi .

berikut beberapat list makanan yang mimin rekomendasikan ke kalian buat dicobain pas kulineran di kota banyuwangi :

Sego Tempong khas banyuwangi

salah satu makanan ciri khas banyuwangi yaitu sego tempong, Sego Tempong merupakan nasi campur yang berisikan nasi panas, sayuran rebus seperti bayam, kenikir, daun kemangi, serta gorengan tahu dan tempe. Disediakan juga lauk seperti ikan asin, ikan laut, empal, pepes, ayam, telur dadar, dan lainnya.

Sambal yang dibikin mentah tanpa digoreng itu rasanya super pedas. Ini bikin orang yang menyantapnya seperti di “tempong”, asal kata dalam Bahasa Osing yang arti dalam bahasa Indonesianya adalah “tampar” . Karena orang yang habis makan ini pipinya seperti habis digampar … tsadeees … hehehe cobain deh pasti nagih.

Baca Juga : resep sego tempong dan cara membuat rujak soto

Rujak Soto banyuwangi

Jika kalian ingin mencicipi makanan khas banyuwangi yang segar- segar maka kalian wajib buat cicipin kuliner disini yang namanya rujak soto gaes. Meskipun terbilang makanan yang sangat unik, karena makanan yang satu ini terdiri dari rujak dan juga campuran kuah soto yang segar dan juga gurih.

Rasa rujak yang sangat segar kemudian juga diguyur dengan kuah yang terdiri dari potongan daging babat serta juga telur puyuh. Dijamin kalian bakalan nagih deh buat nyobain lagi dan lagi.

Baca Juga : wisata banyuwangi atau gunung ijen banyuwangi

Botok Tawon

makanan khas banyuwangi

Jika kalian ingin nyobain makanan yang anti mainstream, maka wajib buat kalian untuk mencicipi makanan yan namanya “botok tawon”. makanan khas banyuwangi yang satu ini terbuat dari rumah tawon atau juga dikenal dengan sarang lebah, yang tentu saja diolah dengan menggunakan cara yang khusus.

Meskipun bisa dikatakan sebagai makanan yang terbilang ekstrem, namun cita rasa yang disuguhkan ketika kalian nyobain botok tawon ini sangatlah nikmat. Hanya saja harganya sedikit lebih mahal karena bahan baku untuk membuat botok tawon ini cukup susah buat ditemukan.

Pindang Koyong banyuwangi

makanan khas banyuwangi

Bagi kalian pencinta kuliner berupa ikan laut, sepertinya kalian bakalan cocok dengan makanan yang namanya “pindang koyong”. makanan khas banyuwangi yang satu ini dibuat dengan menggunakan ikan tenggiri yang masih segar.

Selain itu juga digunakan berbagai macam rempah- rempah yang membikin makanan ini menjadi nikmat dan mantab seperti sereh, lengkuas, cabai rawit, belimbing wuluh, bawang merah dan bawang putih, daun jeruk, juga rempah-rempah lainnya sehingga akan membuat aroma pindang ini menjadi khas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *